Jumat, 14 Juni 2013

Cara Sablon Kaos Manual

Sablon secara umum ada dua teknik cetak yaitu digital dan manual atau sering disebut sebagai sablon tradisional. Meskipun bahwa kualitas tradisional yang dihasilkan tidak jauh berbeda. Berdasarkan pengetahuan saya terima di sekolah tinggi, saya akan menjelaskan bagaimana membuat layar T-shirt pencetakan tradisional / manual.

T-shirt sablon dengan cara tradisional dapat digunakan sebagai peluang bisnis. Dalam hal ini sangat cocok untuk Anda yang baru belajar bisnis rumah mereka sendiri karena Anda tidak perlu biaya mahal untuk memulai. Jika itu layak untuk mengembangkan maju dan sekarang saatnya untuk beralih ke digital printing.

sablon kaos manual di surabaya


Adapun cara untuk membuat stensil oleh manual / tradisional adalah sebagai berikut.


1. Siapkan alat dan bahan
meja sablon
layar
menyemprotkan air
Rakel
sumbat
pewarna tinta
Minyak kelapa
Kipas
Desain / film (Harap membuat desain stensil Anda, jika masih pemula membuat desain dan sederhana satu warna saja, desain cetak menggunakan tinta warna hitam).

2. Tahap cetak

Kemuliaan sablonan hasil sangat dipengaruhi oleh hasil afdruk Anda. Sebenarnya kegagalan dalam pengafdrukan biasanya proses iradiasi.

Cara mencetak:
Pastikan layar bersih, bebas dari minyak dan debu. Menerapkan obat cukup afdruk depan layar. Ratakan obat dengan rakel, kemudian keringkan menggunakan kipas angin. Dalam proses pengeringan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari / lampu.

Setelah pengeringan set film atau desain yang telah diminyaki dengan minyak goreng. Tujuannya adalah untuk menjadi transparan. Kemudian film melekat pada layar.

Tahap berikutnya adalah melakukan pencahayaan menggunakan sinar matahari / lampu neon. Proses ini membutuhkan waktu yang baik karena dalam hal ini obat afdruk sangat sensitif terhadap cahaya dan obat afdruk akan bereaksi sesuai dengan intensitas cahaya yang diterimanya. Sebaiknya ketika membeli obat jangan lupa tanyakan juga afdruk besar intensitas cahaya (waktu yang tepat untuk iradiasi). Silahkan memesan / semacam kaca atas, film, layar, gabus hitam. Kemudian lakukan penyinaran dengan matahari selama beberapa detik * cukup *. Jika Anda menggunakan 2x40 watt lampu neon urutan yang sama tetapi tidak menggunakan kaca karena kaca sudah di layar meja.

Setelah melakukan air iradiasi menyiram layar dengan desain yang diinginkan sudah bisa dilhat. Setelah hasil terakhir kemudian semprot sampai desain yang diinginkan tidak tercakup oleh afdruk obat (berlubang hanya desain bentuk dengan tujuan agar tinta dapat melewati layar). Jika iradiasi yang tidak tepat mengakibatkan semua kerugian afdruk obat (radiasi kurang) atau jika terlalu lama di radiasi afdruk obat akan menjadi sulit ketika disemprotkan.

Jika anda masih bingung silahkan kunjungi kami di sablon kaos surabaya

Tahap penyablonan kaos,
Tepi gambar yang akan dicetak hanya di plester terlebih dahulu untuk menghindari tinta / pewarna tidak mengalir di mana-mana.

Tempatkan desain warna tinta-tepi samping yang layar.
Meletakkan pakaian Anda pada tabel di atas sablon dan tinta yang ada sebelumnya.
Saput tinta dengan rakel (rakel dalam kondisi tegak tidak condong) ke desain penutup tinta terbentuk pada layar. Saputan lakukan 3-5 kali.

Lihatlah sablon baju Anda telah menjadi.
Setelah selesai silakan segera mencuci semua peralatan yang digunakan sebelumnya untuk menghindari mengeras tinta dan tongkat untuk alat. Untuk menggunakan proses lebih mudah m3 penbucian, klorin dan Rinso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar